3 CARA MELATIH BERPIKIR KRITIS DI GENERASI MEDIA SOSIAL

May 18, 2017

MELATIH-BERPIKIR-KRITIS-DI-GENERASI-MEDIA-SOSIAL

 

Maraknya penggunaan media sosial ternyata nggak selamanya bawa dampak positif untuk kita. Banyak berita yang tersebar dengan mudah tanpa sumber yang jelas. Banyak juga informasi yang nggak kredibel dan berujung jadi berita hoax. Dengan adanya media sosial, memengaruhi orang lain pun bukan merupakan hal yang sulit lagi. Oleh karena itu,sebagai generasi muda yang selalu menggunakan media sosial, kita juga harus bisa untuk berpikir kritis agar bisa memilah-milih informasi dengan baik.

 

 

Critical thinking adalah salah satu skill yang harusnya bisa kita miliki sebagai generasi muda. Kemampuan ini membuat kita mampu untuk mencerna informasi-informasi penting dan menggunakannya untuk membentuk opini kita sendiri. Berpikir kritis juga mengharuskan kita untuk bisa menganalisa situasi dan menggunakan kemampuan reasoning kita.  Kemampuan ini nggak emata-mata hadir begitu aja lho, critical thinking ini ternyata emang bisa dilatih kok! Simak yuk beberapa hal yang bisa kita praktekkin untuk melatih critical thinking skill kita!

 

1. DON’T TAKE EVERYTHING FOR GRANTED!

Kita sebagai generasi muda harus mulai bertanya-tanya dan bepikir lebih dalam terkait isu yang menyebar di media sosial. Jangan langsung percaya semua informasi yang menyebar begitu aja. Kita juga harus mulai banyak membaca dan mampu mempertanyakan semuanya berita yang kita baca. Misalnya, kita bisa bertanya ‘Eh, emangnya benar ya beritanya begini?’ lalu kita bisa cari informasi terkait dan berdiskusi dengan orang lain. Berpikir kritis itu dimulai dengan kemampuan mempertanyakan fenomena yang ada, don’t take everything for granted!

 

2. SEE THE WORLD IN A DIFFERENT PERSPECTIVE

Ini terkadang yang membuat orang menjadi judgemental dan tukang judge. Kita juga sebagai generasi muda harus pintar-pintar melihat perspektif yang berbeda. Banyak berita yang tersebar yang terkesan ‘biased’ yang membuat kita gampang nge-judge orang. Jangan mau disetir oleh berita yang emang memiliki kepentingan tersendiri.  Bersikaplah lebih bijaksana  dengan melihat dari perspektif lain. Ini membantu kita untuk bisa bisa  berpikir lebih kritis dan menjadi generasi muda yang lebih pintar. Jangan main hakim sendiri sebelum tahu situasi yang sebenarnya bagaimana. Coba deh melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda dan jangan langsung judgemental ya!

 

3. LISTEN TO OTHER PEOPLE’S OPINIONS

Isu-isu yang menyebar di sosial media ini pasti membuat orang lain bersuara di akun-akun media sosialnya. Dari mulai urusan pemberitaan selebriti sampe politik, bermacam opini pun muncul. Sebagai pengguna media sosial, jangan sampe kita menjadi orang yang merasa benar sendiri dan menolak untuk dikritisi orang lain. Kita harus mau dengar apa pendapat orang dan menerima perbedaan itu. Memiliki pendirian atau pendapat yang berbeda dari orang lain juga hal yang wajar. Cuma, mendengar pendapat orang lain yang berbeda dengan juga penting, lho! Coba deh diskusiin pendapat kita dengan orang lain yang punya pandangan berbeda itu. Siapa tahu menambah kemampuan kita untuk berpikir lebih kritis lagi. 

Bukan berarti karena beda pendapat kita harus memusuhi orang itu, lho! Jadilah pribadi yang lebih bijaksana lagi agar pikiran kita menjadi lebih terbuka dan luas. Banyak orang di luar sana yang terkesan ngotot dengan pendapatnya sampe akhirnya nggak mau dengar pendapat orang lain. Pendapat orang lain ini juga harus kita telaah dengan baik dan cari hal-hal yang bisa dipertanyakan. Kemampuan berpikir kritis dalam platform media sosial ini juga bisa buat kita menjadi generasi yang lebih pintar. Dicoba yuk!

 

 

Written by Aulia Khairunisa (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
pexels
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar