SERING NGERASA BAD MOOD? PERBAIKI PAKE CARA INI YUK!

August 12, 2017

SERING-NGERASA-BAD-MOOD?-PERBAIKI-PAKE-CARA-INI-YUK!

 

“Lagi nggak mood nih!” Sering denger temen ngomong gitu atau kita sendiri yang sering ngucapin? Being a moody person is not easy. Mungkin kita sendiri sebenernya nggak pengen ngerasa males setiap diajak jalan temen-temen. Dan kalo nurutin mood terus, kita bakal ngelewatin banyak opportunity in life, rugi deh!

 

 

Mood sebenernya adalah kondisi emosional yang sifatnya sementara, bisa berlangsung beberapa menit atau bahkan beberapa minggu. Beda sama emosi yang dipengaruhin kondisi dan situasi sekitar, mood cenderung nggak perlu trigger, dan akhirnya mempengaruhi persepsi dan perilaku. Penelitian di AS nemuin kalo rata-rata waktu mood swing remaja pada umumnya cuma sekitar 40-45 menit aja, dan prosentase cewek ngalamin kondisi kayak gini dua kali lebih besar daripada cowok.

 

THE CAUSE OF MOOD SWINGS

 

MOOD-BOOSTER

 

  • Pressure. Karena masih ada di fase beradaptasi sama segala hal, kita sering bingung dan belum tau apa yang harus dilakuin saat kondisi seperti ini terjadi, dan akhirnya bikin mood kita jadi naik turun. Faktor dari dalam diri yang seringkali menuntut untuk selalu ngelakuin yang terbaik juga jadi faktor swing mood kita.
  • Personality. Personality kita beda sama orang lain. Hal ini juga yang ngebedain mood swing kita sama mereka, dan jadi penyebab kenapa yang periang seringnya nggak moody lama-lama dibanding si pendiam. Research di Swiss nemuin kalo si perinag lebih mudah dipengaruhi sama faktor yang membuat mereka happy, sementara yang pendiam lebih selektif saat milih faktor buat naikin mood-nya.
  • Sudden Attack. Bad mood bisa dateng tanpa pemicu. Sebenernya ini karena kita maksa ngelakuin sesuatu yang nggak biasa dilakuin dan secara nggak sadar nahan diri dari hal yang disukai
  • Hormonal Change. Faktor biologis jadi pengaruh terbesar mood nggak stabil. Perubahan hormonal remaja memiu perubahan mood yang cukup ekstrim. Mood swings ekstrim biasanya kejadian pas kita lagi PMS (Premenstrual Syndrome), saat hormon estrogen dan progesterone nggak balance karena proses siklus ovulasi dan haid.
  • Lack of Sleep. Penelitian University of California nemuin kalo seseorang tidur cuma 4,5 jam perhari selama satu minggu bakal lebih stres, cepat marah, sedih, dan kelelahan mental. Saat kurang tidur kita cenderung ngambil keputusan yang nggak terlalu dipikirin akibatnya, bahkan nggak konsisten dan labil sama keputusan tersebut.

 

DON’T LET IT DRIVE US

 

MOOD-BOOSTER

 

Terus-terusan ngikutin mood bisa jadi bad habit! Nggak cuma bikin kita capek sama emosi sendiri, tapi juga ngebuat orang lain sebel sama kita. Semakin kita ngerasa susah buat ngedorong diri sendiri, semakin besar kemungkinan hal itu terjadi karena sugesti kita.

  • Case 1. Kejebak macet pagi-pagi padahal ada tes di sekolah bikin kesel banget dan mood jadi kayak roller coaster.
    Boost your mood with: Bikin playlist yang isinya lagu-lagu favorit kita, atau dengerin radio yang isinya jokes lucu dari penyiar. Nggak bakal berasa deh macetnya!

  • Case 2. Tiba-tiba dicuekkin sama temen pas baru dateng ke sekolah, padahal kita ngerasa nggak punya salah apapun.
    Boost your mood with: Coba sapa duluan aja. Be solution-oriented. Kalo masalahnya di kita, tanya apa yang bisa kita lakuin, tapi kalo masalahnya ada di dia, lepasin pikiran kita dari rasa bingung dan bersalah. Kita bertanggung jawab atas mood kita sendiri, bukan mood orang lain.

  • Case 3. Ngerasa gagal pas ujian tadi, padahal udah belajar mati-matian semaleman!
    Boost your mood with: Do something that we do best! Misalnya kita jago bikin kue, go make one! Ini buat ngalihin rasa gagal dan ngebuktiin ke diri sendiri that we’re not a loser. Cuma lagi apes aja, apa yang ita pelajarin nggak keluar di ujian.

  • Case 4. Ngalamin bad hair day, karena tadi pagi takut telat dan nggak catokan. Akhirnya nggak pede dan mood-drop sepanjang hari.
    Boost your mood with: Segera pake jedai (jepitan badai) and enjoy our day! Jangan biarin urusan rambut aja bikin satu hari jadi nggak berkualitas. Tengah hari buka jepitannya and voila, from bad hair day to hair goddess!

  • Case 5. Telat dijemput dan kita tinggal sendirian luntang-lantung di sekolah.
    Boost your mood with: Me-time with our favorite book or our phone! Nggak akan ada yang bilang kita ‘sibuk sendiri’ karena ini emang waktunya untuk demikian. Puas-puasin deh baca dan browsing-nya!

  • Case 6. Batre HP abis, nggak bawa power bank ataupun charger. Jadi nggak bisa update socmed dan mati gaya!
    Boost your mood with: Stop freaking out! Cari cara buat ngabarin orang terdekat bahwa batre kita abis, lalu draw our attention to other interesting stuff around us. Kalo lagi sama temen bisa ngobrol lebih seru, kalo lagi di mall bisa explore menu restoran baru.

  • Case 7. Kesel gara-gara tugas numpuk dan nggak beres-beres padahal mata pelajarannya kita nggak suka.
    Boost your mood with: Bikin rencana buat ngelakuin sesuatu yang exciting setelah tugas kelas. Misalnya; kalo tugas bisa kelar jam empat, abis itu mau mampir ke mall beli majalah dan tiramisu ah!

 

INSTANT MOOD LIFTING

 

MOOD-BOOSTER

 

Pas nyadar kita lagi dalam kondisi bad mood, saatnya kita harus nyari jalan keluar dari situ. Beberapa kegiatan ini bisa kita coba lakuin buat ngusir bad mood yang sering muncul tanpa kita undang. Let’s try it!

  • Let the sun shine in. Seriously, sinar matahari bisa ngusir bad mood kita. Setiap pagi, buka jendela kamar dan nikmati sinar matahari pagi. Minimal ngilangin ngantuk di pagi hari kan?
  • Exercise. Cukup jalan kaki keliling komplek atau lari sore di taman deket rumah. Olah raga bagus banget buat stabilize our mood!
  • Take a hot shower. Tiap manusia butuh ‘kehangatan’, nah berdasarkan studi di Yale University, emotional warmth and physical warmth ngasih efek yang mirip terhadap otak kita. Makanya mandi air hangat bisa ningkatin mood.
  • Dolled up. Manjain diri di salon untuk creambath atau meni-pedi. The fresh blow dried hair or that pretty nails will definitely lift up our mood.
  • Challenge the mood. Jadiin bad mood yang kita alami sebagai tantangan. Yakinin dalam diri kita kalo bad mood cuma distraction saat kita lagi fokus ngerjain sesuatu. Cuekin aja, dan balik fokus ngerjain kerjaan kita.
  • Eat chocolate. Kandungan tryptophan (sejenis asam amino) yang ada di dalam coklat kebukti bisa ngilangin rasa sakit dan ngelepas depresi. Kandungan ini jadi penyebab kenapa coklat bikin mood kita naik.
  • Favorite show. Nonton film, TV show, atau channel YouTube yang kita suka. Nonton bisa ngebawa kita masuk ke dalam cerita dan ngelupain hal-hal yang tadinya bikin kita bad mood.
  • Singing. Nggak cuma naikin mood, nyanyi juga bisa naikin antibodi buat ngelawan penyakit lho! Streaming playlist kesukaan di Spotify atau website dan aplikasi sejenis lainnya, and sing our heart out!
  • Retail therapy. Yes shopping makes us happy! Nggak perlu yang mahal-mahal, pergi ke supermarket dan beli snack atau ice cream juga bisa. Liat-liat online shop yang koleksinya lucu-lucu can make us feel better too!

 

 

Written by Mardiah Chalisah Fathi, rewritten by Kezia Maharani Sutikno
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar