MUMPUNG MASIH REMAJA, LAKUIN INI BIAR NGGAK KELILIT UTANG

June 18, 2017

MUMPUNG-MASIH-REMAJA-LAKUIN-HAL-INI-BIAR-KITA-NGGAK-KELILIT-UTANG

 

Sering ngerasa kekurangan uang? Atau malah sering pinjem uang dan utang menumpuk? Kalo jawabannya iya, berarti udah saatnya kita lebih disiplin ngegunain uang dan kenalan sama Financial Planning, because your personal finance is your responsibillity.

 

 

WHY WE SHOULD DO IT

Financial Planning ala Gogirl! nggak bikin pusing dengan teori para pakar ekonomi kok! Financial Planning, atau dalam bahasa Indonesia: perencanaan keuangan, adalah kegiatan pengaturan yang berhubungan dengan penggunaan uang. Intinya adalah supaya kita bisa mengendalikan uang dan bukannya dikendalikan uang! Walaupun kita masih muda dan status masih “disubsidi” orang tua, bukan berarti kita bisa ngabisin uang seenaknya. Setiap uangnya abis, langsung deh minta lagi! Abis-tinggal-minta, bikin kita jadi orang yang nggak disiplin sama uang. Apalagi kalo nanti kita udah mulai terima gaji. Waah... jangan sampe deh kena “Overspending Salary Sindrome” alias besar pasak daripada tiang. Makanya dari sekarang kita harus tau tentang Financial Planning. Paling nggak kita bisa ngelatih pola pikir supaya lebih menghargai, lebih disiplin dan nggak sembarangan ngabisin uang.

 

HOW TO DO IT

1. Bikin anggaran berdasarkan prioritas

Salah satu tujuan Financial Planning adalah supaya kita bisa memenuhi semua kebutuhan. Mulai dari yang primer, sampe yang mewah sekalipun. That’s why kita harus nentuin anggaran keuangan sebagai langkah pertama. Catat rapi di notes, apa aja yang pengen kita lakuin dengan “jatah uang” kita. Catat kebutuhan kita menurut skala proritasnya dan berapa jumlah uang yang harus kita keluarin buat jenis kebutuhan itu. Untuk anggaran yang “agak berat”, sebaiknya nggak usah minta lagi sama orang tua, coba belajar nabung dari uang jajan kita. Nggak masalah kita dapet uang secara harian, mingguan atau bulanan. Yang penting sisihkan sedikit dan nabungnya rutin. Yang harus kita inget di sini, jangan asal dalam bikin prioritas. Selalu duluin kebutuhan yang penting.

2. Pisahin anggaran berdasarkan waktu

Seleksi lagi anggaran tadi berdasarkan waktu. Bagi jadi dua, yaitu anggaran jangka pendek dan jangka panjang. Anggaran jangka pendek buat yang harus segera dipenuhi kayak kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan sekolah. Sedangkan anggaran jangka panjang buat hal-hal yang waktunya masih agak jauh, kayak ganti smartphone dan rencana liburan sekolah. Sediain amplop untuk masing-masing anggaran, simpen baik-baik dan jangan di utak-atik, apalagi dipake buat hal-hal yang nggak guna.

3. Take action and commit

Buat jadi sukses dalam hal apapun, pasti butuh komitmen. Dalam hal Financial Planning, kita juga bakal ngelakuin banyak penyesuaian dan pengorbanan. Misalnya kita ngerencanain liburan ke negara tetangga sama temen-temen akhir tahun nanti. Makanya, kita harus ngerelain motong uang jajan, ngurangin hang out sampe nggak beli pernak-pernik supaya bisa nabung demi mewujudkan liburan impian itu. Sekilas sih kedengerannya gampang, tapi susah lho ngelaksanainnya, apalagi buat yang seusia kita gini. Makanya, kita harus bener-bener punya komitmen dan konsisten dalam melakukannya secara terus menerus. Jangan sampe rencana yang kita rancang malah gagal terlaksana gara-gara nggak bisa tahan godaan buat belanja atau hang out.

4. Tabungan rutin

Dari kecil kita selalu diingetin buat rajin menabung. That’s because saving is that important! We never know what will happen in life. No matter how much money we save, asalkan kita lakuin dengan rutin dan terus-terusan, pasti bakal mendatangkan hasil yang oke. Dengan punya tabungan, kalo ada apa-apa kita nggak perlu minta lagi sama orang tua.

 

PERHATIKAN YANG INI

Selain bikin anggaran ini-itu, kita juga harus perhatiin beberapa hal ini:

Mind set. Manfaat lain dari financial planning adalah ngebantu kita jadi pribadi yang lebih baik. Percuma deh kita pusing-pusing bikin anggaran, kalo kita belum bisa berpikir dewasa. Masih boros dan nggak mikir-mikir kalo ngeluarin uang. Diperlukan pola pikir yang jauh ke depan untuk sukses ber-financial planning.

Behaviour. Alias attitude! Sukses nggaknya ngatur keuangan juga tergantung sikap kita. Karena kita bakal ngelakuin beberapa penyesuaian yang awalnya terasa berat. Nggak lucu kan kalo kita pake acara marah-marah sendiri karena nahan godaan supaya nggak belanja? That is so ridiculous! Guys, wise man says kalo kita pengen hasil yang beda, maka lakukan hal yang berbeda pula. The thing is, would you?

Surrounding. Kalo udah berhasil menaikkan kesadaran diri, saatnya minta bantuan orang-orang terdekat. Tell your parents and your best friends kalo kita lagi dalam program “pengembangan diri”. Tell them that we  really need their support. Kasih pengertian ke temen-temen kalo kita bakal ngurangin jadwal ke salon atau hang out bareng mereka.

 

HASIL FINANCIAL PLANNING YANG SUKSES

  1. Kita bakal jarang banget kekurangan uang. Ngirit itu beda lho rasanya sama nggak punya uang.
  2. Kita bisa beli sesuatu yang sebelumnya kita pikir nggak mungkin bisa kebeli.
  3. Spending money on budget, (bahkan buat yang mahal sekali pun) bikin puas 100% karena nggak ada perasaan bersalah sedikitpun.
  4. Kita bakal jadi orang yang nggak gampang tergoda dan punya komitmen.

 

 

Written by Ika Virginiaputri, rewritten by Kartika Afriyani
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar