7 CEWEK INDONESIA YANG PUNYA SEMANGAT JUANG KARTINI

April 21, 2017

OUR-GENERATIONS-KARTINI

 

 

Udah April aja nih. Jadi ingat waktu TK dulu acara Kartinian di sekolah harus pake baju daerah lengkap dengan aksesorinya. Yang pake kebaya adat Jogja lengkap dengan kondenya. Yang pake baju adat minang lengkap dengan tengkuluknya. Yang pake baju adat bali lengkap dengan bunga Kamboja. Seru banget! Tapi seringnya hari Kartini akhir-akhir ini diperingati lewat jejaring sosial. Saling berbagi tokoh inspiratif yang layak disebut sebagai Kartini zaman sekarang. Perempuan-perempuan inspiratif nggak melulu yang sudah berusia matang lho. Banyak sekali anak anak muda berprestasi yang patut disebut Kartini masa kini. Siapa saja? Ini dia 7 di antaranya.

 

 

MAUDY AYUNDA

 

 INI-DIA-7-KARTINI-MUDA-MASA-KINI-YANG-LAYAK-JADI-PANUTAN

 

Siapa yang nggak kenal sama aktris cantik ini. Mulai bermain peran sejak tahun 2006 dan mendapat penghargaan pemeran utama wanita terbaik pada tahun yang sama, kemampuan akting cewek berusia 22 tahun ini nggak perlu diragukan lagi. Bukan cuma akting, Maudy Ayunda pun melebarkan sayap di dunia tarik suara. Ia sempat merilis lagu bersama David Choi pada tahun 2014. Selain prestasi di dunia hiburan, Maudy Ayunda juga memiliki prestasi di dunia akademik. Ia tercatat sebagai satu-satunya mahasiswa Indonesia yang lulus dari jurusan Politics, Philosophy, and Economics Universitas Oxford pada tahun 2016 lalu. Keren ya?

 

TASYA KAMILA

 

INI-DIA-7-KARTINI-MUDA-MASA-KINI-YANG-LAYAK-JADI-PANUTAN

 

Satu lagi aktris Indonesia yang berprestasi di bidang akademik. Mantan artis cilik yang sekarang sudah berusia 24 tahun ini tengah menempuh pendidikan S2 di Columbia University. Ia kuliah di sana sebagai awardee beasiswa LPDP lho! Di sela-sela kesibukan kuliahnya yang padat, alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini masih sempat ngebuat vlog mengenai kegiatan sehari-harinya di Amerika sana. Kalo kita berencana kuliah S2 melalui beasiswa LPDP, coba deh pantengin channel Youtube Tasya. Banyak tips bermanfaat di sana.

 

ISYANA SARASVATI

 

INI-DIA-7-KARTINI-MUDA-MASA-KINI-YANG-LAYAK-JADI-PANUTAN

 

Isyana mungkin masih terbilang pemain baru di dunia hiburan Indonesia. Hingga kini, Isyana “baru” mengeluarkan 1 album dan 4 single. Tapi jangan salah! Popularitasnya sekarang bukan hasil karbitan. Penyanyi 23 tahun ini adalah lulusan Nanyang Academy of Fine Arts di Singapura dan Royal College of Music Britania Raya. Penghargaan dan prestasinya di dunia musik pun nggak cuma dua tiga, tapi belasan, dalam lingkup nasional maupun internasional. Sudah pasti dong keahliannya di bidang musik bukan ala kadarnya.

 

CHERYL RAISSA

 

INI-DIA-7-KARTINI-MUDA-MASA-KINI-YANG-LAYAK-JADI-PANUTAN

 

Kita-kita yang suka sama dunia kecantikan pasti nggak asing dong sama vlogger berhijab ini? Cheryl Raissa adalah vlogger sekaligus blogger yang kontennya cocok untuk remaja. Gaya makeup-nya cenderung soft dan nggak aneh-aneh. Nggak heran subscriber YouTubenya mencapai 73 ribuan. 

 

FIKA FAWZIA

 

INI-DIA-7-KARTINI-MUDA-MASA-KINI-YANG-LAYAK-JADI-PANUTAN

 

Perempuan cantik satu ini adalah asisten Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti. Kepoin deh akun Instagramnya @ffawzia07 yang follower-nya mencapai 14,3k! Foto yang dibagikan nggak cuma selfie aja, tapi kegiatan sehari-harinya sebagai asisten pejabat negara. Seru banget !

Fika yang alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Magister dari Lee Kuan Yew School of Public Policy National University of Singapore ini juga memiliki hobi blogging lho. Melalui blognya fikafawzia.wordpress.com , ia menanggapi berbagai isu-isu yang sedang hangat dengan humor yang kritis. Cerdas banget.

 

LEONIKA SARI

 

INI-DIA-7-KARTINI-MUDA-MASA-KINI-YANG-LAYAK-JADI-PANUTAN

 

Nah, kalo cewek kelahiran tahun 1993 ini adalah CEO Redblood. Itu lho, aplikasi mobile yang memudahkan komunikasi donor darah. Lulusan Sistem Informasi Institut Teknologi Surabaya ini pernah masuk ke daftar Forbes 30 Under 30 Asia pada tahun 2016, 45 Perempuan Penembus Batas Tempo edisi April 2016, serta meraih Top 3 Startup. Hebat !

 

ROJA FITRI

 

INI-DIA-7-KARTINI-MUDA-MASA-KINI-YANG-LAYAK-JADI-PANUTAN

 

Kalo ada mahasiswa yang lulus cumlaude dengan IPK 4, menolak tawaran kerja bergaji 30 juta, tapi terjun menjadi pedagang hijab, itulah Roja Fitri. Ialah founder Hijab Princess, brand hijab berbasis Instagram yang kini omzetnya mencapai Rp500 juta per bulan. Cewek berusia 25 tahun asal Jambi ini membuktikan bahwa yang sukses nggak selalu mereka yang berasal dari kota besar macam Jakarta. Asal mau berusaha, siapapun bisa sukses.

 

 

 

Written by Virly Kumala Aluh (Gogirl! Apprentice!)
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar