SADAR NGGAK SADAR 7 KEBIASAAN INI BIKIN KITA BOROS!

April 20, 2017

 SADAR-NGGAK-SADAR-BEBERAPA-KEBIASAAN-INI-BIKIN-KITA-BOROS!

 

Pernah nggak iseng-iseng ngitung pengeluaran terus abis itu jadi nyesel? Nyeselnya bukan karena seberapa banyak pengeluarannya, tapi suka bingung kok bisa uangnya cepet abis? Uangnya dipake buat apa aja ya? Padahal kalo dipikir-pikir lagi sebenernya kita bisa aja lebih hemat even bisa nabung daripada ngabisin uang buat hal-hal yang nggak jelas. Berikut beberapa kebiasaan (sepele sih emang) yang justru bikin kita lebih boros. Kira-kira apa aja ya?

 

 

1. SERING NONGRONG DI COFFEE SHOP

 

SADAR-NGGAK-SADAR-BEBERAPA-KEBIASAAN-INI-BIKIN-KITA-BOROS!

 

Buat para pecinta kopi, sekedar ngopi di coffee shop udah jadi hobi even suatu keharusan. Belum lagi, kafe or coffee shop sering kita pilih sebagai tempat buat nongkrong bareng temen-temen dan ngabisin banyak waktu buat ngobrol panjang lebar. Pastinya lama waktu yang diabisin di sebuah coffee shop bakal berbanding lurus sama pengeluaran kita di sana. Percaya deh nggak bakal cukup satu cangkir kopi yang kita nikmatin! Belum lagi beli camilan-camilan pendampingnya. Sadar nggak sih habit ngopi kita ini justru bikin kantong cepet bolong? Padahal kalo dipikir-pikir ngopi itu bisa dilakuin di mana aja including di rumah ya. Tinggal beli aja dari toko khusus kopi yang udah terpercaya kualitasnya. Kalo lagi pengen ngopi di mana aja ya tinggal seduh deh. Nggak perlu lagi ke coffee shop buat sekedar ngopi. Bakalan jadi iriiiiit banget deh!

 

2. SERING KE MINI MARKET UJUNG-UJUNGNYA BELI BARANG YANG NGGAK PERLU-PERLU AMAT

Kadang kita suka mampir ke mini market dengan tujuan yang nggak penting-penting amat. Biasanya kadang cuma mau mecahin uang gede atau sekedar beli tisu atau sabun yang udah abis. That’s it. Tapi entah sadar apa nggak, kayaknya kalo cuma sekedar beli sabun atau tisu doang kayak ada yang kuraaang gitu ya. Pergi ke mini market nggak lengkap rasanya kalo belum beli snacks kayak potato chips or minuman dingin yang pastinya bisa nyegerin kita. Yang tadi niatnya cuma mau ngeluarin duit 5 ribu finally end up with ngabisin duit sampe 20 ribuan. Kan lumayan tuh kalo 15 ribu nya dipake buat hal yang lebih bermanfaat atau ditabungin gitu, ya nggak? Buat ngehindarin ‘bad habit’ yang satu ini, coba deh dari sekarang biasain belanja buat kebutuhan satu bulan. Biar kalo gula atau sabun abis nggak perlu ke mini market lagi!

                                                                                                                                                                         

3. ISENG NGE-SCROLL ONLINE SHOP DI INSTAGRAM, UJUNG-UJUNGNYA BELI JUGA MESKIPUN CUMA 1 ITEM

 

SADAR-NGGAK-SADAR-BEBERAPA-KEBIASAAN-INI-BIKIN-KITA-BOROS!

 

Ini adalah salah satu kebiasaan ‘buruk’ para cewek kalo punya waktu senggang. Selain nge-stalk akun gebetan atau mantannya doi, agak kurang rasanya kalo belum ‘nge-stalk’ akun online shop favorit juga. Dimulai dari ngeliat postingan akun online shop di home, kemudian ngebuka akunnya, nge-scroll karena penasaran mau liat koleksi-koleksi terbarunya, liat yang lucu dan iming-iming ‘free ongkir’ akhirnya beli juga deh! Dengan alasan “daripada nggak beli, nanti keburu abis jadi nyesel deh!” Yaah... begitulah cewek.

 

4. MENTANG-MENTANG DISKON JADI BELI BANYAK!

Lagi-lagi, kebiasaan yang satu ini suka banget kejadian sama para cewek, tapi nggak nutup kemungkinan kalo cowok pun bisa khilaf cuma karena ngeliat label diskon. Dengan iming-iming harga yang miring, yang tadinya cuma mau beli satu item akhirnya jadilah kita beli 5 sampe 6 item. Misal pas lagi butuh satu pasang sepatu aja, kemudian liat label ‘beli dua gratis satu’, kita pun jadi tergoda juga buat beli dua pasang sepatu. Kebiasaan yang kayak gini nih yang bisa bikin kantong cepet jebol. Yang namanya diskon emang menggoda iman banget sih, tapi sebisa mungkin jangan mudah tergiur sama kata yang satu ini deh. Kalo udah khilaf, bisa beli banyak barang yang nggak terlalu diperluin banget dan ujung-ujungnya malah nggak kepake. Kan sayanggg, uangnya melayang gitu aja.    

  

5. NGAMBIL UANG DI ATM BEDA BANK

Dengan alasan mesin ATM bank yang kita pake jauh lokasinya dan otomatis bikin kita mager buat ke sana, akhirnya kita pun bakal milih buat ngambil uang di ATM terdekat even beda bank. Meskipun dari segi jarak agak nguntungin, tapi secara nggak langsung justru kebiasaan yang satu ini bisa ngerugiin lho! Karena pas kita ambil uang di ATM beda bank, kita bakal dikenain biaya tambahan, ada yang 5 ribu, 7 ribu bahkan ada yang sampe 10 ribu! Mungkin biaya tambahan segitu kecil kali yaa, tapi kalo keseringan? Diitung-itung bisa beli anting-anting lucu atau nggak uang segitu lumayan bisa dipake buat beli makan sehari. It’s better kalo udah tau ATM jauh, langsung ambil aja uang yang kira-kira cukup buat sebulan. Tapiii itu sih tergantung orangnya lagi ya. Bisa-bisa udah ngambil uang banyak awal bulan eh udah abis 10 hari kemudian. Ambil uang di ATM lagi deh, kena biaya tambahan lagi deh, ya jadi boros juga deh.

 

6. SELALU MAKAN DI LUAR 

Kebiasaan yang satu ini juga nggak kalah bikin borosnya. Coba bayangin kalo setiap hari kita makan di luar. Satu kali makan Rp20 ribu deh. Coba 20 kali 5 hari udah Rp100 ribu! Kalo dikali 30 hari? Wah udah sampe Rp600 ribu! Mending uang Rp600 ribu itu larinya ke tabungan aja deh ya. Solusinya, coba usahain bangun lebih pagi dan nyiapin bekal buat kita makan pas istirahat siang. Bayangin kalo bawa bekal setiap hari bisa save till Rp500-600 ribu girls! Lumayan buat beli sepatu baru atau nabung buat beli handphone baru. Ayo mulai sekarang jangan males buat bikin dan bawa bekal dari rumah ya!

 

7. SELALU BELI MINUMAN BOTOL DARIPADA BAWA BOTOL MINUM DARI RUMAH

Nggak jauh beda sih sama habit yang sebelumnya. Beli minum di luar itu seems sederhana banget ya. Toh kalo cuma beli air mineral gelas satunya aja cuma 500 perak, paling kita beli 2 gelas aja dan itu baru ngabisin 1000 rupiah. Kalo yang kemasan botol agak mahalan dikit, sekitar 3000-5000 per botol. Sepele sih sepele, sederhana emang sederhana, tapi coba itung-itung kalo sehari kita ngeluarin uang sampe Rp5000 cuma buat minum aja? Oke sehari nggak berat lah, kalo setiap hari selama sebulan? Rp5000 dikali 20 hari misalnya, udah berapa tuh? 100k just for mineral water! Beda lagi kalo kita suka beli minuman teh kemasan atau susu yang jelas-jelas harganya bakal lebih mahal dari air mineral biasa. Daripada beli minum di luar, mending dari sekarang biasain buat bawa minum dari rumah. Nggak punya botol minum bagus? Beli sekarang! Karena biaya beli botol minum nggak seberapa dibanding biaya yang secara nggak sadar bakal kita keluarin terus menerus cuma buat minum aja. Pas kita keabisan minum, kalo bawa botol dari rumah kan bisa refill di mana ada kesempatan, kayak di warteg, di kantor dan tempat-tempat lainnya. Lumayan kan kalo sehari bisa hemat Rp5000 sampe Rp10 riburupiah?

 

 

Written by Siti Fatimah Al Mukarramah
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar