ALASAN KITA NGGAK BOLEH LUPA NGASIH HADIAH KE DIRI SENDIRI

June 18, 2017

SELF-REWARD?-KENAPA-ENGGAK!

 

Pernah nggak sih kita lagi ngerjain sesuatu sampe menguras waktu, tenaga, usaha yang maksimal dan akhirnya berhasil buat ngedapetin target yang dimau. Misalnya usaha belajar mati-matian buat ujian, atau berjuang lembur setiap malam buat menyelesaikan target proyek, atau olahraga setiap hari buat dapetin bentuk tubuh seperti yang dimau dan banyak lagi. Ketika kita berhasil ngedapetin target yang dimau, apakah kita udah pernah berterimakasih sama diri kita sendiri?

 

 

Yap. Setiap usaha yang kita lakuin tentunya harus ada momen di mana kita tuh berterimakasih sama diri sendiri. Hal ini bisa dilakuin dengan ngasih self reward buat diri kita. Self reward adalah bentuk apresiasi buat diri sendiri berupa hadiah dalam wujud benda atau sesuatu yang selama ini kita pengen buat diri kita sendiri. Self reward ini kita kasih buat diri kita sendiri dalam rangka apresiasi buat diri kita. Tubuh, pikiran, dan jiwa kita secara kompak udah kerja keras supaya bisa berhasil mendapatkan target yang kita mau.

Selain itu, self reward ini juga sebagai wujud terimakasih dan cara kita menghargai diri kita. Soalnya, ya cuma kita sendiri yang tau seberapa usaha kita dalam mencapai target yang kita mau itu. Daripada menunggu orang lain buat ngasih apresiasi buat kita, ya kita dulu lah yang wajib kasih self reward buat diri kita sendiri.

Self reward di sini wujudnya bisa apa aja. Bisa dalam bentuk barang yang lagi kita pengenin selama ini, bisa juga jalan-jalan ke tempat yang seru, bisa juga makan makanan favorit di restoran, bisa juga dengan ngelakuin me time seharian tanpa diusik orang lain, atau bisa juga sekedar berkumpul bersama orang-orang tercinta buat re-charge semangat lagi. Selain itu, kita juga harus kasih ucapan-ucapan atau kalimat positif buat diri kita. Ucapan sederhana ini bisa bikin psikis kita jadi lebih sehat dan meningkatkan self esteem kita menjadi lebih tinggi.

 

SELF-REWARD?-KENAPA-ENGGAK!

 

Supaya bisa ngasih self reward tentunya kita nggak perlu menunggu sampe target utama kita tercapai. Buatlah target-target pendek yang kita kerjakan dan ketika target itu tercapai, kita beri apresiasi ke diri kita dalam bentuk self reward. Setiap target yang kita buat tadi, tentunya harus jadi motivasi supaya kita makin semangat lagi dalam mengejar target utama kita.

Oh ya, selain memberi apresiasi ke diri kita ketika berhasil mencapai target, kita juga perlu memberi apresiasi ke diri kita ketika kita gagal juga lho. Kenapa begitu? Karena kita perlu ngebangun semangat di diri kita lagi. Supaya kita nggak down dan malah menyerah buat ngejar target kita lagi. Soalnya, ya emang hanya kita sendiri yang tau seberapa keras usaha kita buat mencapai target itu. Meskipun target itu masih tertunda, kita juga tetep perlu beri ucapan terimakasih ke diri kita buat pencapaian sekecil apapun. Setelah itu, kita lakuin evaluasi di diri kita kenapa kita belum berhasil ngedapetin target kita.

 

Nah, apakah kalian udah kasih self reward buat usaha kita selama ini? 

 

 

Written by Rahma Brilianita (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
Alliant Credit Union, andrewbryant.global,
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar