SIAPA SIH YANG SEBENERNYA HARUS BAYAR FIRST DATE?

August 12, 2017

SIAPA-SIH-YANG-HARUS-BAYAR-FIRST-DATE?

 

Setelah momen-momen curi-curi pandang, flirting dan gemes-gemes nggak jelas gimana gitu (hehehe), akhirnya you land a date with him. Yay, finally a date! Selain sibuk nyiapin baju dan tampilan paling oke untuk dipake, apa aja sih yang perlu diperhatiin ketika first date?

 

 

Salah satu pertanyaan yang bisa jadi penentu sukses atau nggaknya date kita adalah siapa sih yang sebenernya harus bayar di first date? Bukannya cowok yang harus selalu bayarin si cewek? Hmmm, nggak juga sih girlsKalo dulu, cowok emang diharapkan untuk ngebayarin semua pengeluaran date yang ada. Tapi, dengan semangat emansipasi dan persamaan hak dan kewajiban antara cowok dan cewek, perempuan juga nggak tabu untuk bayarin date lho. Bahkan, penting banget untuk punya inisiatif seperti ini di zaman sekarang. Malu ah kita sering ngoceh minta disamain haknya dan nggak mau didiskriminasi sebagai cewek, tapi giliran soal first date, malah langsung melipir dan bilang "itu kan tugas cowok!" Yuk kita cek apa aja sih rules bayar membayar ini.

 

1. SIAPA YANG NGAJAK DIA YANG BAYAR

Secara garis besar, biaya akan ditanggung oleh yang mengajak untuk nge-date. Kalo dulu, cewek emang dianggap agresig untuk ngajak duluan, tapi sekarang cowok-cowok juga seneng kok kalo kita punya inisiatif. Jadi, kalo kita duluan yang punya inisiatif untuk ngajak nge-date, seenggaknya kita nawarin untuk membayar biaya nge-date. Kalo si cowok nolak nerima inisiatif kita ini, mungkin kita bisa beliin si hadiah kecil sebagai tanda terimakasih. Atau, kita siapin uang receh untuk bayar tol, parkir, dan juga cemilan nonton bioskop. Fair kan!

 

2. COWOK YANG BAYAR

Ada juga rules yang bilang kalau untuk first date, wajib hukumnya si cowok yang bayar bahkan di tahun 2017. Cowok diharepin untuk punya karakter royal dan siap untuk nge-treat perempuan. Kalo dia maksa untuk ngebayarin semua pengeluaran di first date seperti makan, nonton, dan jalan, nggak usah nolak karena mungkin kita bisa ngelukain egonya. Meski pun begitu, kita nggak dilarang untuk beliin minuman di kafe kalo dia udah bayarin kita makan, nonton dan jalan.

 

3. SPLIT THE BILL

Date-nya nggak sesuai ekspektasi dan kita juga nggak berharap untuk lanjut? Kalo kayak gini, ada baiknya kita minta bill-nya dipisah. Dengan memisahkan bill, kita bikin kode halus kalo kita nggak ngarepin ada date-date selanjutnya. Dan kita pun jadi nggak terkesan manfaatin si cowok.

 

Yep, first date memang bikin deg-degan. First impression penting banget. Kalo berhasil, bukan nggak mungkin akan berlanjut. Tapi, meski pun begitu, di first date, kita harus tetep bisa having fun dan tetep jadi diri sendiri.

 

 

Written by Tatu Hutami (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar