CERITA SUKA DAN DUKA JADI SEORANG VOLUNTEER EVENT

April 21, 2017

CERITA-SUKA-DAN-DUKA-JADI-SEORANG-VOLUNTEER-EVENT

 

Jadi volunteer di event kayaknya makin jadi ‘trend’ aja untuk sekarang ini. Makna kata ‘volunteer’ makin luas aja nih nggak cuma sekedar relawan yang ngebantu pas ada bencana alam atau pun yang ditempatin di daerah terpencil gitu. Jadi seorang volunteer event pasti ada plus dan minus nya. Berikut ini Gogirl! bakal coba jabarin suka dukanya jadi volunteer event. Check this out!  

 

 

1. PASTINYA MEMPERKAYA EXPERIENCE KITA

Ngelakuin sesuatu hal yang baru including jadi volunteer sebuah event emang udah pasti bakal nambah pengalaman kita. Di setiap event bakal ada aja ‘kejutan’ yang mungkin baru kita lakuin untuk pertama kalinya. Maka dari itu, becoming a volunteer terkadang nimbulin efek ‘ketagihan’ buat beberapa orang karena kaya akan new challenges and experiences, even buat yang udah sering jadi volunteer sekali pun. Nyobain sesuatu otomatis bakal bikin kita belajar lagi dan lagi. Belajarnya pun terkesan real dan fun karena kita bisa praktek gimana nge-handle event langsung di lapangannya. Pokoknya kalo mau nyobain pengalaman baru sambil belajar, sering-sering aja jadi volunteer di berbagai event yang beda-beda. Jadi kaya pengalaman deh!

  

2. SELAIN PENGALAMAN, PASTI BAKAL DAPET TEMEN-TEMEN BARU JUGA

 

CERITA-SUKA-DAN-DUKA-JADI-SEORANG-VOLUNTEER-EVENT

 

Ini dia salah satu benefit yang bakal kita dapet kalo jadi volunteer event. Namanya nyobain sesuatu yang baru pastinya kita bakal ketemu sama orang-orang yang baru pula. Nggak sedikit lho yang pada akhirnya jadi temenan deket banget bukan cuma sekedar kenal selama acara berlangsung aja. Atau bisa aja dari volunteer-an, kita jadi ketemu sama jodoh, siapa tau kaaan?

 

3. KETEMU ORANG-ORANG BARU BAKAL MEMPERLUAS LINK KITA!

 

CERITA-SUKA-DAN-DUKA-JADI-SEORANG-VOLUNTEER-EVENT

 

Di antara banyak orang baru yang kita temuin bisa jadi ada satu atau dua orang yang nantinya bisa jadi ‘penghubung’ kita sama karir kita ke depannya. Nggak sedikit kok orang yang jadi volunteer event itu ternyata udah kerja. Emang sih rata-rata yang suka volunteer-an itu adalah anak kuliahan yang lagi semangat-semangatnya nyari pengalaman baru. Bisa aja kan nanti kita kerja sama bareng temen volunteer-an kita dalam urusan bisnis misalnya. Atau kita bakal dapet lebih banyak informasi mengenai lowongan kerja atau pun volunteer dari orang-orang yang lebih berpengalaman dan punya link yang lebih luas dari pada kita. Emang bukan jadi jaminan karir kita bakal bagus, tapi punya link yang luas bakal ngebantu dan mempermudah banget deh!

 

4. NGELATIH KITA NGE-MANAGE WAKTU DENGAN BAIK DAN KERJA SECARA PROFESIONAL

Jadi volunteer event itu ya sama aja jadi panitia sebuah acara. Kita dituntut buat kerja ekstra cepet dan nggak boleh gabut-gabutan kalo mau acara yang kita handle itu berjalan dengan lancar dan sukses. Kita juga nggak bisa jadi pribadi yang linglung kayak nggak tau harus ngapain aja, apalagi dengan atmosfir hectic pada saat acara berlangsung. Di sinilah kita juga dituntut untuk kerja secara profesional dengan selalu inisiatif dan aktif dalam setiap situasi yang dihadapin. Kalo kita bener-bener ngelaksanain job desk dengan baik, bakal kerasa banget kok manfaat yang kita dapet.

 

5. BISA IKUT AMBIL BAGIAN DI SUATU EVENT MERUPAKAN KEBANGGAAN TERSENDIRI

 

 CERITA-SUKA-DAN-DUKA-JADI-SEORANG-VOLUNTEER-EVENT

 

Nggak muna sih ya kalo jadi volunteer apalagi buat event gede kayak konser musik, acara fashion or expo yang kece pastinya bisa bikin kita bangga. Emang sih cuma jadi volunteer, tapi itu semua ‘ketolong’ sama nama besar dari event yang kita handle. Reaksi kebanyakan temen-temen kita pasti gini: “Lo jadi volunteer di event Java Jazz? Keren bangett!!!” atau “enak banget deh lo lolos jadi volunteer IFW, gue nggak keterima nih huhu,” ada juga yang kayak gini: “Lo jadi volunteer Resonation? Enaaak bisa foto sama Sophia Amorusso,” (padahal belum tentu). Respon-respon yang kayak gitu pastinya bikin kita jadi bangga dan bersyukur bisa dikasih kesempatan buat jadi volunteer. Seneng deh pokoknya!

 

6. PENGALAMAN VOLUNTEER BISA BIKIN CV KITA LEBIH ‘MENJUAL’

Jadi volunteer event sekarang ini ya nggak jauh beda kayak magang di sebuah kantor, sama-sama temporary. Bedanya kalo magang harus berbulan-bulan, kebanyakan volunteer-an itu paling lama seminggu, tergantung event apa yang kita ikutin sih. Pengalaman yang pernah kita rasain selama jadi volunteer pastinya bisa jadi ‘modal’ buat kita untuk berkarir ke depannya. Kalo di CV banyak nyantumin pengalaman volunteer, bisa jadi nilai yang plus banget lho ketika lagi nge-apply pekerjaan apalagi lowongan volunteer lainnya. Kita bakal dinilai ‘udah berpengalaman’. Perusahaan mana sih yang nggak suka kalo pelamarnya punya banyak pengalaman?  

 

7. NAMANYA VOLUNTEER, KERJA SECARA SUKARELA, IMBALANNYA PUN NGGAK SEBERAPA

 

 CERITA-SUKA-DAN-DUKA-JADI-SEORANG-VOLUNTEER-EVENT

 

Namanya aja udah ‘volunteer’ kalo mau diterjemahin ke dalam bahasa Indonesia ya artinya ‘relawan’. Di mana-mana yang namanya relawan pasti kerja secara sukarela kan dan seharusnya sih nggak ngarep dapet imbalan apa-apa. Untuk volunteer event apalagi event yang kece biasanya sih ada lah feedback yang bakal dikasih, emang sih nominalnya nggak seberapa. At least ada kok yang nyediain uang transport sama makan atau sekedar dikasih goodie bag dari sponsor. Se-paling-minim-nya sih ya dikasih kaos buat dipake selama event berlangsung. Tapi ada juga beberapa event yang sama sekali nggak ngasih apa-apa. Balik lagi ya, namanya juga volunteer... Agak disayangin sih kalo sekarang makin banyak yang nanya “dibayar nggak?” pas ditawarin lowongan volunteer. Sekali lagi, namanya juga volunteer, please..

 

8. IMBALAN NGGAK SEBERAPA, CAPEKNYA KEBANGETAN...

 

CERITA-SUKA-DAN-DUKA-JADI-SEORANG-VOLUNTEER-EVENT

 

Meskipun cuma jadi volunteer tapi capek yang kita rasain ya nggak jauh beda lah sama official crew lainnya. Apalagi buat event yang start dari pagi dan selesainya malem. Sebagai ‘panitia’ acara, kita dituntut buat nyampe di venue beberapa jam sebelum acara dimulai buat briefing, prepare dan segala macem. Pas selesai acara pun nggak sopan rasanya kalo langsung pulang gitu aja tanpa bantuin beres-beres dulu. Mentang-mentang anak volunteer, kadang ada aja tuh yang suka ngasih kerjaan ’tambahan’ di luar job desk kita. Pokoknya jadi volunteer tuh capek deh! Capek tenaga, capek pikiran, capek hati. Even yang kerjanya gabut pun juga bakal ngerasain capek juga kok... hehe.

 

Itu cuma segelintir suka duka yang umum dirasain sama volunteer sebuah event. Emang ada nggak enaknya tapi kayaknya manfaat yang didapet bakal lebih banyak kok. Kalo yang belum pernah jadi volunteer, ayo mulai sekarang coba-coba deh. Tapi harus udah siap juga sama hal-hal nggak enak yang bakal dialamin ya!

 

 

Written by Siti Fatimah Al Mukarramah
Photo Source:
SXSW Volunteers, Hotbox Events
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar