BIKIN PERSAHABATAN KITA LANGGENG MESKI JARANG KETEMUAN

February 16, 2017

TIPS-MENJAGA-PERSAHABATAN-BIAR-LANGGENG

 

Kita pasti punya temen atau sahabat yang cocok banget karena punya banyak kesamaan dengan kita. Pola pikir dan minat yang sama bikin kita jadi bisa having fun bareng dan ngobrolin banyak hal bersama mereka. Lama-lama kita jadi selalu nempel bareng mereka terus dan kalo nggak ada mereka rasanya acara hangout jadi nggak rame.

 

Tapi, seiring berjalannya waktu, kita pasti bakal sadar kalo nggak semua hal selalu bisa kita lakuin bareng-bareng sama sahabat kita. Terkadang kita dihadapin sama satu situasi dimana kita terpaksa berpisah dengan teman-teman kita untuk menjalani sesuatu yang baru. Perpisahan itu bakal numbuhin jarak di antara kita sama sahabat kita dan tanpa kita sadari bakal mulai muncul perbedaan yang bisa jadi pemicu konflik. Pasti nggak mau dong, berantem sama sahabat yang udah kita kenal dari lama? Rasanya sayang kalo kita harus berhenti temenan sama mereka cuma gara-gara kita udah nggak lagi ketemu mereka setiap hari. Terus apa dong yang bisa kita lakuin buat menjaga persahabatan tetap langgeng.

 

KEEP IN TOUCH

 

TIPS-MENJAGA-PERSAHABATAN-BIAR-LANGGENG

 

Kita tentu perlu keep in touch sama sahabat lama kita buat tahu kabar terbaru mereka. Nggak kayak dulu waktu kita masih bisa ketemu mereka setiap hari, sekarang kita nggak bisa tahu keadaan mereka kalo nggak coba cari tahu. Karena itu, manfaatin aja teknologi yang udah ada buat selalu berhubungan dengan mereka lewat chat dan berbagai social mediaSharing cerita lewat chat terlalu sering juga bisa bikin kita bosen, lho. Lama-lama kita malah akan kehabisan bahan obrolan dan jadi males untuk melanjutkan percakapan. Makanya, keep in touch itu nggak perlu dilakukan setiap hari dan setiap saat, yang penting jangan lupa untuk sering-sering tanya kabar temen lama kita minimal seminggu atau dua minggu sekali. Dengan begitu, sahabat kita juga bakal merasa diperhatiin sama kita.

 

OPEN YOUR MIND

 

TIPS-MENJAGA-PERSAHABATAN-BIAR-LANGGENG

 

Terkadang kita sering berprasangka buruk sama sahabat sendiri, apa lagi sejak kita udah jarang ketemu sama mereka. Kalo mereka nggak bales chat atau udah jarang menghubungi, kita langsung negative thinking dan berpikir macem-macem. Padahal, bisa aja mereka lakuin hal itu karena sedang sibuk atau lagi ada masalah. Kita perlu membuka pikiran kita dan mencoba bersikap lebih rasional. Nggak perlu terlalu baper sama sikap-sikap sahabat yang kelihatannya beda dari biasanya. Sebagai teman yang baik, coba cari tahu apa yang membuat sikap mereka berubah supaya mereka bisa merasa lebih dihargai oleh kita.

 

MAKE THEM FEEL SPECIAL

 

TIPS-MENJAGA-PERSAHABATAN-BIAR-LANGGENG

 

Gimana sih caranya bikin sahabat kita merasa spesial? Salah satunya, kita bisa bikin surprise di hari ulang tahun mereka. Kita siapkan sedikit dari waktu yang kita punya buat datengin sahabat demi ngerayain ulang tahun bareng mereka. Waktu sahabat ngeliat tindakan kita, mereka akan sadar kalo kita rela berkorban buat kebahagiaan mereka dan mereka akan merasa spesial. Sebagai balasan, teman-teman kita juga akan mengingat hari ulang tahun kita dan nggak segan-segan buat kasih kita surprise untuk bikin kita juga merasa dianggap sebagai teman yang spesial.

 

ALWAYS PROVIDE TIME TO MEET UP

 

TIPS-MENJAGA-PERSAHABATAN-BIAR-LANGGENG

 

Sesibuk apa pun kita sama kegiatan di lingkungan baru kita, kita harus selalu sediain waktu buat meet up sama temen-temen lama kita. Sekedar teleponan atau chatting nggak cukup buat bikin persahabatan kita tetap bertahan lama. Komunikasi face-to-face juga perlu untuk tau seperti apa kondisi sahabat kita sekarang. Seringkali kita bikin wacana buat ketemuan sama sahabat lama tapi gagal karena alasan mager atau sibuk. Hal itu sebenernya nggak baik buat menjaga hubungan persahabatan, karena sahabat sejati itu selalu tahu keadaan temannya, termasuk perubahan penampilan mereka secara fisik. Supaya kita nggak terlalu buta soal perkembangan teman lama kita yang sekarang, kita perlu ketemuan sama mereka untuk sekedar nongkrong atau have fun bareng.

 

COMMITMENT

 

TIPS-MENJAGA-PERSAHABATAN-BIAR-LANGGENG 

 

Last but not least, commitment! Dalam persahabatan itu dibutuhkan yang namanya komitmen. Kalo mau persahabatan tetap langgeng, perlu komitmen dari kedua pihak buat mempertahankan hubungan pertemanan mereka. Karena perbedaan jarak, bakal banyak banget peristiwa yang bisa aja bikin kita sama sahabat kita jadi berantem. Tapi selama ada komitmen, persahabatan kita pasti bakal bisa terus bertahan sampe lama.

 

 

Written by Hilel Hodawya (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
shutterstock, pexels
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar