ALESAN KENAPA KITA PERLU NYEIMBANGIN WAKTU DALAM HIDUP

February 16, 2017

WORK-LIFE-BALANCE

 

Live in globalization era is not easy. Persaingan yang semakin ketat memaksa kita untuk bekerja lebih keras lagi, sampe-sampe kita lupa kalo kita juga punya kehidupan di luar dari pekerjaan yang kita lakukan. Rutinitas yang padat setiap harinya kadang bikin kita nggak bisa menyeimbangkan antara work or life. Padahal penting banget lho untuk mengatur keduanya.

 

WHY IT’S IMPORTANT

Mengatur antara work and life balance sangatlah penting, karena kita butuh keduanya. Pekerjaan (entah itu karir, sekolah, kuliah, maupun kursus dan sebagainya) sangat penting untuk modal masa depan kita dan juga mengembangkan diri kita. Namun hubungan sosial juga nggak kalah penting, karena kita adalah makhluk sosial, jadi jelas banget kalo kita pasti ngebutuhin orang lain. Pernah nggak ngebayangin kita bakal jadi sestres apa kalo kita hanya mementingkan pekerjaan? Atau kebalikannya, bagaimana masa depan kita jika nggak mengembangkan kemampuan kita sendiri? Jadi, mengatur keduanya agar seimbang sangatlah penting.

 

PRIORITY

 

WORK-LIFE-BALANCE

 

Sebagian orang mementingkan pekerjaan mereka, sebagian lainnya mengutamakan kehidupan sosial mereka dibandingkan mengembangkan dirinya sendiri. And mostly both of them nggak bisa melakukan keduanya sekaligus dengan alasan klasik “sibuk”. Instead “I don’t have time” try to think “what’s my priority”. Hapus deh istilah sibuk dari kamus kita, karena pada dasarnya we can reach both of them. Sekarang, bagaimana kita mengatur list prioritas kita dengan baik. Kita boleh menjadikan bekerja setiap hari sebagai prioritas utama kita, tapi di luar jam kerja prioritas utama kita adalah melepas dulu pekerjaan kita. Try to make a life, girls! Sekedar hangout atau nongkrong sama temen-temen, makan bareng keluarga, or have a phone night call with our crush? That’s nice to try.. remember, we’re a human and we need each other.

 

SOCIAL ACTIVITY

 

WORK-LIFE-BALANCE

 

Mengatur hubungan social juga nggak melulu tentang ngobrol dan hangout bareng orang-orang yang kita sayangin aja kok. Menolong sesama atau aktif di kegiatan social juga bisa jadi salah satu alternatif yang baik. Kalo kita udah menghabiskan waktu untuk bekerja lima hingga enam hari dalam seminggu, kita masih punya hari Iibur yang bisa dimanfaatkan untuk ikut kegiatan sosial. As we know, kini ada banyak kegiatan sosial yang sering diadakan pada saat weekend, dan skupnya macem-macem banget, mulai dari kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan masih bayak lagi. Komunitas-komuitas sosial anak muda juga banyak kok di berbagai kota di Indonesia, jadi kita nggak perlu bingung mencari wadah yang tepat untuk itukt aktif dalam kegiatan social.

 

 

Written by Ulayya Kamillah (Gogirl! Apprentince)
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar